mitsubishi lancer evolution

description spesificati of mitsubishi lancer evolution.

mitsubishi fuso tractor head fv51jh

spesifikation and picture.

the expedition dieng jauh hari

perjalanan menuju dieng.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is engine mitsubishi lancer

viture mitsubishi lancer.

Jumat, 25 Januari 2013


  • : 2.008 x 719 x 1.061 mm
  • : 1.288 mm
  • : 148 mm
  • : 129 kg
  • : Diamond Steel (Truss Frame)
  • : Teleskopik
  • : Lengan Ayun dengan Suspensi Tunggal (Sistem Suspensi Pro-Link)
  • : 80/90 - 17M/C 44P (Tubeless)
  • : 100/80 - 17M/C 52P (Tubeless)
  • : Cakram Hidrolik, dengan Piston Ganda
  • : Cakram Hidrolik, dengan Piston Tunggal
  • : 12 liter
  • : 4-Langkah, DOHC, 4-Katup, Silinder Tunggal
  • : 63,5 x 47,2 mm
  • : 149,48 cm3
  • : 11.0 : 1
  • : 12,5 kW (17,0 PS)/ 10.000 rpm
  • : 13,1 Nm (1,34 kgf.m)/ 8.000 rpm
  • : 1,0 Liter pada Penggantian Periodik
  • : -
  • : 6-Kecepatan
  • : 1-N-2-3-4-5-6
  • : Pedal & Elektrik
  • : MF 12 V - 5 Ah
  • : -
  • : Full Transistorized 
  • harga : Rp 22.350.000


  • : 2.056 x 742 x 1.054 mm
  • : 1.318 mm
  • : 156 mm
  • : 129 kg
  • : Diamond Steel
  • : Teleskopik
  • : Suspensi Ganda
  • : 80/100 - 17 M/C 46P (Tubless)
  • : 100/90 - 17 M/C 55P (Tubeless)
  • : Cakram Hidrolik, dengan Piston Ganda
  • : Tromol
  • : 12,2 liter
  • : 4-Langkah, SOHC, Silinder Tunggal
  • : 57,3 x 57,8 mm
  • : 149,2 cm3
  • : 9,5 : 1
  • : 9,72 kW (13,2 PS)/ 8.500 rpm
  • : 12,7 Nm (1,29 kgf.m)/ 6.000 rpm
  • : 1,0 Liter pada Penggantian Periodik
  • : Manual, Multiplate Wet Clutch
  • : 5-Kecepatan
  • : 1 - N - 2 - 3 - 4 - 5
  • : Starter Kaki & Starter Elektrik
  • : 12V - 3,5 Ah
  • : NGK CPR9EA-9
  • : Full Transisterized 
  • harga : Rp 16.900.000


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiyFk-m_X2f0MmuYNQjNrb9Igpz3suQRg0dHK8wmCkS5LliPmMCMbDI0YNL3eaHcATXpG-4FJeK8xxNmsgqt2oDLlt-2GCcAyDKZmMBbfMIKnjSl9pdONLDmWFgNAjc5Vzf8jHLyDLtVkY/s1600/cara+kerja+motor+4+tak.PNG




Prinsip kerja

Untuk memahami prinsip kerja, perlu dimengerti istilah baku yang berlaku dalam teknik otomotif :
  • TMA (titik mati atas) atau TDC (top dead centre), posisi piston berada pada titik paling atas dalam silinder mesin atau piston berada pada titik paling jauh dari poros engkol (crankshaft).
  • TMB (titik mati bawah) atau BDC (bottom dead centre), posisi piston berada pada titik paling bawah dalam silinder mesin atau piston berada pada titik paling dekat dengan poros engkol (crankshaft).

Langkah kesatu

Piston bergerak dari TMA ke TMB, posisi katup masuk terbuka dan katup keluar tertutup, mengakibatkan udara (mesin diesel) atau gas (sebagian besar mesin bensin) terhisap masuk ke dalam ruang bakar. Proses udara atau gas sebelum masuk ke ruang bakar, dapat dilihat pada sistem pemasukan.

Langkah kedua

Piston bergerak dari TMB ke TMA, posisi katup masuk dan keluar tertutup, mengakibatkan udara atau gas dalam ruang bakar terkompresi. Beberapa saat sebelum piston sampai pada posisi TMA, waktu penyalaan (timing ignition) terjadi, pada mesin bensin berupa nyala busi sedangkan pada mesin diesel berupa semprotan (suntikan) bahan bakar.

Langkah ketiga

Gas yang terbakar dalam ruang bakar akan meningkatkan tekanan dalam ruang bakar, mengakibatkan piston terdorong dari TMA ke TMB. Langkah ini adalah proses langkah yang menghasilkan tenaga.

Langkah keempat

Piston bergerak dari TMB ke TMA, posisi katup masuk tertutup dan katup keluar terbuka, mengakibatkan gas hasil pembakaran terdorong keluar menuju saluran pembuangan. Proses selanjutnya di saluran pembuangan dapat dilihat pada sistem pembuangan.

Senin, 14 Januari 2013